A. SEKILAS TENTANG FACEBOOK
Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS).
Ide berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School, New HampshireSaat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat facemash.com. Lewat situs ini para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau “jelek” foto seorang siswa, dan membuat Zuckerberg dipanggil oleh Badan Administrasi Universitas Harvard karena dianggap membobol sistem keamanan komputer kampus, melanggar peraturan privasi di internet, dan melanggar hak cipta.
Oleh karena itu ia mebuat Facebook dan diluncurkannya pada tahun 2004. Dalam waktu singkat duapertiga mahasiswa Harvard jadi pengguna Facebook. Teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh, dberhasil mengembangkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam waktu singkat, mereka meluncurkan Facebook ke 30 sekolah.
liwee. 2009. Sejarah Facebook. diakses pada 04/01/2010. (http://id.shvoong.com/humanities/h_history/1946922-sejarah-facebook/)
adapun fungsi-fungsi facebook menurut para pengguna antara lain,fungsi bisnis, mencari teman lama maupun baru, DLL
B. REMAJA
Remaja dalam bahasa Latin adalah adolescence, yang artinya “tumbuh atau tumbuh untuk mencapai kematangan”. Istilah adolescence sesungguhnya mempunyai arti yang luas, mencakup kematangan mental, emosional, sosial, dan fisik (Hurlock, 1991). Pandangan ini didukung oleh Piaget (Hurlock, 1991) yang mangatakan bahwa secara psikologis remaja adalah suatu usia dimana individu menjadi terintegrasi ke dalam masyarakat dewasa, suatu usia dimana anak tidak merasa bahwa dirinya berada di bawah tingkat orang yang lebih tua melainkan merasa sama, atau paling tidak sejajar. Memasuki masyarakat dewasa ini mengandung banyak aspek afektif, lebih atau kurang dari usia pubertas.
Masa remaja dikenal dengan masa storm and stress dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik yang pesat dan pertumbuhan secara psikis yang bervariasi. Pada masa remaja (usia 12 sampai dengan 21 tahun) terdapat beberapa fase (Monks, dalam Mu’tadin 2002), fase remaja awal (usia 12 tahun sampai dengan 15 tahun), remaja pertengahan (usia 15 tahun sampai dengan 18 tahun) masa remaja akhir (usia 18 sampai dengan 21 tahun) dan diantaranya juga terdapat fase pubertas yang merupakan fase yang sangat singkat dan terkadang menjadi masalah tersendiri bagi remaja dalam menghadapinya. Fase pubertas ini berkisar dari usia 11 atau 12 tahun sampai dengan 16 tahun (Hurlock, dalam Mu’tadin 2002) dan setiap individu memiliki variasi tersendiri. Masa pubertas sendiri berada tumpang tindih antara masa anak dan masa remaja, sehingga kesulitan pada masa tersebut dapat menyebabkan remaja mengalami kesulitan menghadapi fase-fase perkembangan selanjutnya. Pada fase itu remaja mengalami perubahan dalam sistem kerja hormon dalam tubuhnya dan hal ini memberi dampak baik pada bentuk fisik (terutama organ-organ seksual) dan psikis terutama emosi.
Pertumbuhan fisik dalam periode pubertas terus berlanjut sehingga mencaai kematangan pada akhir periode remaja. Masalah-masalah sehubungan dengan perkembangan fisik pada masa pubertas (malu, atau rendah diri, takut gemuk, pingin punya kumis, dan lain-lain).
C. PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PERILAKU REMAJA
facebook merupakan jejaring sosial yang sangat populer saat ini, terlihat dari banyaknya jumlah orang yang menggunakan dan memanfaatkan jejaring ini, tak terkecuali remaja.
Banyak remaja yang menggunakan jejaring ini tidak hanya untuk mencari teman,tetapi juga untuk hiburan, terlebih banyaknya aplikasi yang bersifat menghibur, seperti poker, farmville, maviawars, pet society,restaurant city, dan lainnya.
dari fiture/aplikasi yang disediakan oleh jejaring ini, memiliki pengaruh ataupun dampak bagi para penggunanya, mulai dari yang baik hingga yang buruk terutama pada remaja.
pengaruh yang negatif yang ditimbulkan antaralain:
-bersifat kecanduan (addictive)
-membuat malas untuk bersosialisasi secara langsung (tatap muka)
-membuat pengguna menjadi boros
-dan lain-lain
berikut beberapa faktanya:
(diambil dari: http://blog.izze.web.id/2009/04/pengaruh-facebook/)
Adapun pengaruh positif yang ditimbulkan antaralain:
-Sebagai Social Networking tentu saja fungsinya adalah untuk berkomunikasi secara Online dengan Teman, Saudara dan semua yang terhubung dengan FB dan menambah teman baru di dunia maya.
-Sebagai tempat menulis Opini, Pendapat, Curhat, Notes dan apapun yang ada di pikiran kita untuk dibagi kepada orang lain
-Dapat berkumpul dengan komunitas grup tertentu berdasar kategori hobi, sekolah, pekerjaan, dll.
D. KESIMPULAN
banyak dampak yang diberikan oleh facebook, mulai dari yang baik sampai yang buruk, sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkan jejaring ini sebijak mungkin dengan memepertimbangkan dampak tersebut.
daftar pustaka:
liwee. 2009. Sejarah Facebook. diakses pada 04/01/2010. (http://id.shvoong.com/humanities/h_history/1946922-sejarah-facebook/)
Santrock, J. W. (2003). Adolescence : perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. (1995). Life-span development: perkembangan masa hidup. Jakarta: Erlangga
dejavu. 2009. Manfaat Facebook. diakses pada 04/01/2010. (http://www.sumintar.com/pendapat-anda-apa-manfaat-facebook.html)
pengaruh facebook terhadap perilaku remaja (jenjang SMP dan SMA)
Label:
psikologi,
tugas kampus
- 04 Januari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar